Tips dan Trik Merawat Karpet Agar Tetap Bersih dan Tahan Lama

Karpet menjadi pilihan banyak orang untuk mempercantik dekorasi rumah sekaligus menikmati fungsinya sebagai alas lantai. Namun pemilik rumah rata-rata memiliki sedikit pemahaman tentang bagaimana menjaga karpet agar tampak bersih, segar, juga bahaya dan kotoran yang bersembunyi di serat karpet Anda. Pelajari cara mengatasi masalah pembersihan karpet dan perawatan dengan tips hebat ini.

1. Penempatan Karpet

Penempatan karpet sangat berpengaruh dalam hal kebersihannya,karena karpet sangat mudah terkena debu dan kuman, apalagi jika sering di injak dan duduki. Maka dari itu, untuk meminimalisir karpet yang terkena debu berlebihan,sebaiknya hindari penempatan pada area yang sering ada aktivitasnya.

2. Jangan Injak dengan Alas Kaki ( Sepatu / Sendal )

Saat ingin menginjak karpet, buka alas kaki. Pada dasarnya alas kaki memiliki banyak kuman dan kotoran yang dapat merusak keindahan dan kebersihan karpet. Alangkah baiknya sebelum menginjak karpet pastikan kondisi kaki anda bersih.

3. Gunakan Keset

Selalu sediakan keset dan sering-sering lah menggunakannya. Keset disini berfungsi untuk mengurangi jumlah pasir maupun kotoran yang masuk ke rumah.

4. Bersihkan Noda dan tumpahan segera

(sumber: id.wikihow.com)

 Jangan menggosok noda pada karpet, karena hal itu akan membuat noda menyebar dan dapat merusak bahan. Banyak produk di pasaran mengklaim untuk menghilangkan noda, tumpahan dan bau, tetapi cukup dengan menutupinya atau mendorongnya lebih dalam. Noda akhirnya muncul kembali terlihat lebih buruk dari sebelumnya. Untuk menghilangkan nya dapat menggunakan tisu atau mesin uap otomatis. Cukup arahkan uap ke noda yang ingin dihilangkan.

5. Cuci Karpet Secara Rutin

Agar karpet tetap terjaga kebersihannya, maka cucilah minimal dua kali setahun.Untuk perawatan harian, maka Anda bisa bersihkan dengan vacuum cleaner setiap pagi dan malam hari. Setiap melakukan aktivitas di atas karpet, maka selalu bersihkan dengan vacuum cleaner.

6. Hati hati dalam memilih Cairan Pembersih Karpet

Pembersihan karpet dalam sangat penting untuk menghilangkan kotoran, debu, serbuk sari, dan polutan lainnya. tetapi tidak menambah masalah dengan memungkinkan penggunaan bahan kimia berbahaya. Sebaiknya, cari cairan pembersih yang ramah lingkungan. Lebih baik jika menggunakan bahan alami. Campur jus lemon, garam, air dan cuka lalu semprotkan dan bersihkan noda tersebut. Ramuan ini mampu membantu mengangkat noda di karpet dengan lebih mudah.

(fank)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *